TIM DPL dan Mahasiswa KKN Universitas Quality Gelar Edukasi Penyalahgunaan Narkoba

 
Foto:  TIM DPL dan Mahasiswa KKN Universitas Quality Gelar Edukasi Penyalahgunaan Narkoba
 
 
AbadiNews.com - Narkoba sangat diperlukan untuk pengobatan dan pelayanan kesehatan. Akan tetapi, jika disalahgunakan atau digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan, terlebih jika disertai dengan peredaran narkoba secara gelap, maka akan menimbulkan akibat yang sangat merugikan perorangan ataupun masyarakat, khususnya generasi muda. Angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di tahun 2018 (dari 13 ibukota provinsi di Indonesia) mencapai angka 2,29 juta orang.

Salah satu kelompok masyarakat yang rawan terpapar penyalahgunaan narkoba adalah mereka yang berada pada rentang usia 15-35 tahun atau generasi milenial. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan, dikarenakan generasi milenial merupakan sumber daya manusia yang seharusnya bisa produktif dan menjadi aset negara.

Terkait hal itu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Mahasiswa KKN dari Program Studi Manajemen, Fakultas Sosbum Universitas Quality Medan melaksanakan kegiatan pendampingan masyarakat dalam upaya untuk pencegahan narkoba di Desa Silombu, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu 6 Agustus 2023.

Adapun tujuan dari pelaksanaan KKN Pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang jenis dan bahaya narkoba bagi kesehatan.

Target yang diharapkan dalam KKN Pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang jenis dan bahaya narkoba bagi kesehatan melalui pelaksanaan pendampingan oleh DPL danTim KKN Pengabdian.

Dalam hal ini mahasiswa KKN juga dapat berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian   tentang   Optimalisasi Masyarakat dalam Edukasi Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Perekonomian di Desa SiLombu, Kabupaten Bonatua Lunasi, Provinsi Sumatera Utara.

Adapun kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan KKN Pengabdian dalam   bentuk   Penyuluhan Tentang   Bahaya Narkoba di Desa SiLombu, Kabupaten Bonatua Lunasi, Provinsi Sumatera Utara.

Beberapa metode pelaksaan yang digunakan oleh DPL dan Tim KKN yakni berkolaborasi dengan perangkat desa dengan langsung  menuju  ke lokasi dan  melakukan  pemaparan  tentang  proses Edukasi Penyalah Gunaan Narkoba. Cara penerapan diberikan dalam bentuk sosialisasi, pelatihan dan demontrasi atau praktek kepada kelompok masyarakat yang juga di halaman rumah warga yang dilaksanakan di Desa SiLombu. Dengan melibatkan warga Desa setempat dan diikuti peserta sebanyak ± 30 orang.

Dalam pengabdian ini juga turut diundang pembicara dari Kasat Narkoba Kabupaten Toba AKP. YBM. Sibagaring. SH.MH, Sekreteris Camat Jueliman Silitonga, Kabid Narkoba Ipda Zulkifli, Kepalas Desa Silombu Rommoel Tua Sitorus dan 45 orang Masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian ini menggunakan metode Edukasi. Metode Edukasi yaitu dengan melakukan Edukasi tentang jenis dan bahaya narkoba di Desa Silombu yang dijelaskan oleh bapak Kasat Narkoba Kabupaten Toba AKP. YBM. Sibagaring dan Kabid Narkoba Ipda Zulkifli teknologi yang akan digunakan dalam kegiatan KKN Pengabdian ini adalah perangkat teknologi seperti komputer/laptop, dan kamera handphone untuk dokumentasi kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini memiliki target dan luaran. Target dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman dari seluruh peserta kegiatan melalui pelaksanaan Edukasi oleh Tim KKN Pengabdian sehubungan dengan  pendampingan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Desa Silombu, Kabupaten Bonatua Lunasi, Provinsi Sumatera Utara.

Adapun luaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Meningkatnya   pengetahuan   masyarakat serta  mampu  melakukan  inovasi  dalam penanganan dan pemberantasan Penyalah gunaan Narkoba di Desa Silombu, Kabupaten Bonatua Lunasi, Provinsi Sumatera Utara. 

Pendekatan yang digunakan adalah Edukasi, karena masyarakat lebih mudah menerima apa yang disampaikan dibanding apa yang dicari. Edukasi merupakan cara yang mudah dan efektif dalam sebuah penyampaian pesan. Edukasi  mencakup  pemeriksaan mengenai   lingkungan   kultural   lingkungan sosial dari masyarakat yang bersangkutan, interaksi  sosial dan  tingkah  laku  sosial. Berdasarkan hal tersebut, Edukasi merupakan mata  rantai paling  penting  di  antara  sistem- sistem sosial lainnya, karena dalam sosialisasi adanya keterlibatan individu-individu sampa dengan kelompok-kelompok dalam satu sistem untuk berpartisipasi.

Adapun dari pelaksanaan pengabdian yang dilakukan oleh DPL dan Tim KKN Universitas Quality Medan adalah agar pemahaman Masyarakat memahami betapa bahanya narkoba jika dikonsumsi dan diperjual belikan. Selain merusak Kesehatan, merusak daya piker, dan juga mengakibatkan kecanduan, dan juga akan dikenakan Pidana jika di laporkan atau di ketahui oleh kepolisian.

Penggunaan narkoba juga akan membawa dampak negative terhadap pendapatan. Jika pengguna narkoba kehabisan biaya, maka peningkatan tingkat kriminal pun  akan terjadi, kenyamanan dan keaman Masyarakat juga akan terganggu dalam melaksanakan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama