Universitas Quality Gelar Pelatihan Pengenalan Manajemen Pemasaran


AbadiNews.com - Universitas Quality Gelar Pelatihan Pengenalan Manajemen Pemasaran Ke Siswa SMA Free Methodist Medan

Program Studi Manajemen, Fakultas Soshum Universitas Quality melaksankan kegiatan pengabdian masyarakat pada Rabu (10/1/2024).

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini didukung penuh oleh perguruan tinggi Universitas Quality melalui dana yang diberikan kepada tim pengusul PKM. Tim pengusul adalah tim yang telah disusun, sehingga setiap semester pastikan melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah kegiatan PKM.  

Adapun Tim Pengusul yakni Conie Nopinda Br Sitepu, S.E., M.Si, Agnes Arta Femi Br Sitepu, & Saut M.P Tumanggor.

Berdasarkan pembicaraan denganpihak sekolah, para siswa belum memiliki gambaran tentang manajemen pemasaran. Dengan adanya tim PKM dari Universitas Quality, diharapkan para siswa dapat sedikit mengenal tentang pentingnya manajemen pemasaran dalam berbisnis, mengingat manajemen pemasaran adalah ujung tombak dalam suatu usaha. 

Melalui permasalah mitra tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat tentang pengenalan Manajemen Pemasarankepada siswa SMA Free Methodist penting untuk dilakukan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini yakni untuk memperkenalkan manajemen Pemasaran kepada siswa SMA Free Methodist Medan. Manajemen Pemasaran adalah salah satu rumpun ilmu yang banyak dibutuhkan pada berbagai bidang bisnis, dan terus berkembang dari masa ke masa.  Oleh karenanya, penting bagi siswa untuk mengenal Manajemen Pemasaran.

Dalam kegiatan ini terdapat dua tujuan yang akan dicapai, pertama yakni memberi pengenalan tentang Manajemen Pemasaran bagi para siswa SMA Free Methodist yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, khususnya yang akan melanjutkan ke Fakultas Soshum. 

Diharapkan dengan penjelasan dari tim PKM akan membantu para siswa untuk mendapatkan kejelasan tentang jurusan manajemen di Perguruan Tinggi. Secara khusus, kami akanmemperkenalkan Fakultas Soshum secara lebih detail, mengingat Fakultas Soshum adalah fakultas yang memiliki lulusan yang banyak dibutuhkan dunia kerja. Kedua adalah memberi bekal kepada para siswa tentang pentingnyamanajemen pemasaran sedini mungkin.

Adapun solusi yang dilaksanakan pada kegiatan PKM ini adalah Tim PKM Universitas Quality melaksanakan sosialisasi pengenalan manajemen pemasaran bagi siswa-siswa SMA Free Methodist. Materi yang diberikan tentang Manajemen, Pengenalan tentang Manajemen Pemasaran dan Pengenalan tentang Bauran Pemasaran. 

Kemudian  sesi pelatihan dengan pengenalan tentang Manajemen, tentang Manajemen Pemasaran dan tentang Bauran Pemasaran. Tim PKM Universitas Quality mendukung pelaksanaan ini dengan memberikan praktik secara langsung proses ruang lingkup manajemen pemasaran, menggunakan aplikasi shopee, tiktok dan e-commers lainnya melalui smartphone masing-masing.  

Dengan seksama Siswa memperhatikan dan ikut memperaktikan secara langsung, sesuai arahan dari Tim PKM. Selanjutnya Mahasiswa memberikan ice breaking mencairkan suasana sebelum melanjutkan tanya jawab, disini Siswa semakin bersemangat mengikuti PKM ini. Dan terkahir yakni sesi tanya jawab.

Adapun simpulan pelaksanaan PKM dengan judul Pelatihan Pengenalan Manajemen Pemasaran pada Siswa SMA Free Methodist Medan, sangat penting dilaksanakan, dikarenakan pada saat pelaksanaan PKM ini, 24 siswa belum mengetahui tentang pentingnya manajemen pemasaran dan manfaat manajemen pemasaran itu. 

Maka terlaksananya PKM ini Siswa memahami dan mengenal tentang manajemen pemasaran dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat memiliki gambaran tentang matakuliah Manajemen Pemasaran yang akan diajarkan di Universitas Quality

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama